Rabu, 01 September 2010

No Cotton Bud Anymore.. ")



Well Guys!!
Kuping atau Telinga merupakan organ tubuh yang memiliki peranan penting. Kebiasaan memasukkan benda ke telinga, cotton buds ternyata bisa mendorong kotoran telinga masuk ke dalam dan melukai gendang telinga. Benda itu juga bisa menggores saluran telinga. Memasukkan benda itu terlalu keras dapat menyabebkan trauma pada telinga dan akhirnya menyebabkan radang telinga.

Nah! Radang telinga itulah yang merupakan bentuk gangguan kesehatan telinga yang patut mendapat perhatian serius. Gak hanya menyebabkan tuli, jika peradangan mencapai tahap kronis, bisa menimbulkan komplikasi yang mematikan. Radang telinga sering dijumpai pada penduduk yang tinggal di daerah yang panas dan lembap sebab kelembapan udara yang memengaruhi pH pada telinga merupakan faktor penting pemicu terjadinya penyakit yang bisa menyerang semua usia.


Untuk mencegah radang telinga, jangan pernah memasukkan benda ke telinga, termasuk kapas (cotton buds) justru mendorong kotoran telinga masuk ke dalam dan melukai gendang telinga. Benda itu juga bisa menggores saluran telinga. Biarkan rambut-rambut halus dan ledir yang ada di telinga mengeluarkan kotoran di telinga secara alami.

Kalaupun masih ada masalah, mintalah dokter untuk melakukannya.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah alergi. Alergi bisa menimbulkan pembekakan saluran esutachia sehingga terjadi penyumbatan dan mengubah keseimbangan tekanan udara di telinga tengah. BTW, batuk dan flu yang menjadi penyerta harus segera diobati juga lho..

0 komentar :